´╗┐Merancang Evaluasi

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan evaluasi karena kegiatan ini merupakan bagian yang integral dan tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran di kelas. Anda sebagai calon guru SD harus menguasai dan dapat melakukan kegiatan evaluasi, terhadap capaian siswa anda setelah mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk itu, penguasaan pengetahuan dan keterampilan tentang evaluasi sangat Anda perlukan agar nantinya tidak mengalami kesulitan dalam melakukan tugas sebagai guru.

Pengertian evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan pengukuran dan penilaian pembelajaran. Pengukuran yang dimaksud di sini adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan pembelajaran yang telah ditentukan secara kuantitatif, sedangkan penilaian yang dimaksud di sini adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan pembelajaran secara kualitatif.

Evaluasi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai penentuan kesesuaian antara tampilan siswa dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini yang dievaluasi adalah karakteristik siswa dengan menggunakan suatu tolak ukur tertentu. Karakteristik-karakteristik tersebut dalam ruang lingkup kegiatan belajar-mengajar adalah tampilan siswa dalam bidang kognitif (pengetahuan dan intelektual), afektif (sikap, minat, dan motivasi), dan psikomotor (keterampilan, gerak, dan tindakan). Tampilan tersebut dapat dievaluasi secara lisan, tertulis, maupun perbuatan.

Evaluasi mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalaha untuk (1) menggambarkan penguasaan kompetensi siswa; (2) membantu peserta didik: memahami dirinya, membuat keputusan (pemilihan program, pengembangan kepribadian); (3) menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik, (4) menemukan kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran, dan (5) kontrol bagi guru dan sekolah tentang kemajuan perkembangan peserta didik.

Di samping itu, evaluasi mempunyai berbagai manfaat baik bagi guru maupun siswa, manfaat yang dapat diperoleh antara lain (1) mengetahui tingkat pencapai kompetensi siswa, (2) memberikan umpan pada siswa, (3) memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar, (4) mmpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan, (5) memberikan pilihan alternatif penilaian kepada guru, dan (6) memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan.

Dalam melakukan kegiatan evaluasi harus mengacu pada prinsip evaluasi yang diantaranya adalah (1) keterpaduan antara tujuan pembelajaran, materi, dan metode; (2) keterlibatan siswa; (3) koherensi, (4) pedagogik, (5) akuntabel,  

Dalam melakukan kegiatan evaluasi terdapat beberapa tahap kegiatan antara lain

  1. Perencanaan,
    Dalam kegiatan perencanaan perlu di kaji tujuan dilakukan evaluasi, teknik yang digunakan, kapan dilkukan, untuk siapa, indikator, data apa yang hendak diperoleh, menggunakan instrumen apa.
  2. Penyusunan instrumen evaluasi
    Instrumen evaluasi dikembangkan sesuai dengan jenis evaluasi dan data yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Instrumen evaluasi bisa berupa butir tes, lembar observasi, angket, dan lembar wawancara.
  3. Pengumpulan informasi
    Merupakan proses pengumpulan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan instrumen yang telah dikembangkan. Kegiatan pengumpulan informasi dapat dilakukan selama proses pembelajaran atau setelah proses pembelajaran. Hal ini tergantung jenis informasi yang dibutuhkan.
  4. Pengolahan
    Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan statistik atau non statistik agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Proses pengolahan informasi, didahului dengan seleksi data, klasifikasi data, dan dilanjutkan dengan kegiatan analisis informasi. Hasil analisis digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan
  5. Penggunaan informasi.
    Selanjutnya hasil pengolahan informasi digunakan sesuai dengan tujuan dilakukannya kegiatan evaluasi
Last modified: Tuesday, 15 March 2011, 07:57 PM
Skip Navigation

Navigation

Skip Section links