Merumuskan Tujuan Pembelajaran

 

Rumusan Tujuan Pembelajaran
Mengacu pada Mager (1962), sebuah tujuan pembelajaran mengandung unsur-unsur ABCD: audience, behavior, condition, degree.

  • Audience (A) berarti siapakah yang harus mencapai tujuan pembelajaran itu. Sebagai misal, unsur A ini adalah siswa (kelas II).
  • Behavior (B) menunjukkan perilaku yang diharapkan (dapat pada ranah kognitif, afektif, atau psikomotorik). Contohnya behavior ini: menunjukkan berbagai sumber energi.
  • Condition (C) menunjukkan pada kondisi bagaimana perilaku tersebut ditampilkan. Sebagai contoh: perilaku mengklasifikasikan berbagai energi atas dasar sumbernya ini dapat ditampilkan siswa bila kepada siswa diberikan gambar yang relevan.
  • Degree (D) menunjukkan derajat pencapaian sebagai kriteria untuk menentukan seseorang telah mencapai tujuan. Sebagai contoh: dengan benar, paling sedikit 4 macam, dan lain-lain.

Dengan demikian maka contoh rumusan tujuan pembelajaran yang lengkap adalah:
Siswa dapat menunjukkan sumber energi jika ditunjukkan gambar-gambar yang relevan
A                                          B                                                  C

paling sedikit 4 macam sumber energi.
D

Rumusan tujuan di atas dapat “diperhalus”, misalnya: Dengan menunjukkan gambar-gambar yang relevan, siswa dapat menunjukkan paling sedikit 4 macam sumber energi.

Last modified: Wednesday, 8 June 2011, 07:25 AM
Skip Navigation

Navigation

Skip Section links