Analisis Silabus dan RPP

Anda telah mengembangkan silabus dan RPP dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Anda. Bagaimanakah menilai kualitas silabus dan RPP hasil kerja Anda?

TUGAS
Pada kegiatan ini, Anda akan menilai silabus dan RPP yang Anda kembangkan dari segi kelengkapan dan isi.  Cobalah Anda nilai silabus dan RPP (beserta kelengkapannya), dengan mengacu pada tabel di bawah ini.

Tabel
Instrumen Telaah Silabus, RPP, dan Kelengkapannya

No

Komponen

Ada

Tidak ada

Catatan Perbaikan

I

Silabus

 

 

 

1.

Identitas Silabus: 

 

 

 

a. Judul

 

 

 

b. Satuan Tingkat Pendidikan

 

 

 

c. Mata Pelajaran

 

 

 

d. Kelas/Semester

 

 

 

e.  Standar Kompetensi

 

 

 

2.

Format matrik silabus:

 

 

 

a. Kompetensi Dasar

 

 

 

b. Materi Pokok/Materi Pembelajaran

 

 

 

c. Kegiatan Pembelajaran

 

 

 

d. Indikator:

 

 

 

     1) Kognitif

 

 

 

     2) Psikomotor

 

 

 

     3) Afektif (termasuk karakter)

 

 

 

e. Penilaian :

 

 

 

     1) Teknik

 

 

 

     2) Bentuk Instrumen

 

 

 

     3) Instrumen

 

 

 

f. Alokasi Waktu

 

 

 

g. Sumber Belajar

 

 

 

h. Daftar Pustaka

 

 

 

II.

RPP

 

 

 

1

Identitas RPP:

 

 

 

 

a. Judul

 

 

 

 

b. Satuan Tingkat Pendidikan

 

 

 

 

c. Mata Pelajaran

 

 

 

 

d. Kelas/Semester

 

 

 

 

e. Alokasi Waktu

 

 

 

2

Standar Kompetensi

 

 

 

3

Kompetensi Dasar

 

 

 

4

Indikator :

 

 

 

 

     1) Kognitif

 

 

 

 

     2) Psikomotor

 

 

 

 

     3) Afektif (termasuk karakter)

 

 

 

5

Tujuan Pembelajaran (Menggunakan Format ABCD)*

 

 

 

6

Materi Pembelajaran

 

 

 

7

Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran

 

 

 

8

Alat dan Bahan

 

 

 

9

Langkah-langkah Proses Pembelajaran

 

 

 

 

a. Motivasi tidak boleh hanya verbal

 

 

 

 

b. Mencantumkan alokasi waktu setiap langkah

 

 

 

 

c. Bahan ajar diskenariokan

 

 

 

 

d. Keterampilan berfikir diskenariokan

 

 

 

 

e. Perilaku Berkarakter diskenariokan

 

 

 

 

f.  Keterampilan sosial diskenariokan

 

 

 

10

Sumber Pembelajaran

 

 

 

11

Daftar Pustaka

 

 

 

III.

LKS dan Kunci LKS

 

 

 

1

Judul

 

 

 

2

Mencantumkan Tujuan Pembelajaran/Indikator yang sesuai di RPP

 

 

 

3

Alat/Bahan (jika ada)

 

 

 

4

Rumusan Masalah/Hipotesis/Variabel/Definisi operacional, Tabel data, Analisis, Kesimpulan, Penerapan (jika ada)

 

 

 

5

Daftar Pustaka

 

 

 

6

Kunci LKS

 

 

 

7

Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)

 

 

 

8

Kejelasan/kebenaran gambar

 

 

 

IV.

Buku Siswa/Bahan Bacaan/Modul

 

 

 

1

Mencantumkan Tujuan Pembelajaran/Indikator yang sesuai di RPP

 

 

 

2

Rangkuman materi

 

 

 

3

Latihan (aktivitas)

 

 

 

4

Daftar Pustaka

 

 

 

5

Kunci latihan

 

 

 

6

Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)

 

 

 

7

Kejelasan/kebenaran gambar

 

 

 

V.

Lembar Penilaian (LP) dan Kunci

 

 

 

1

Validitas isi butir-butir setiap lembar penilaian

 

 

 

 

a. Kognitif

 

 

 

 

b. Psikomotor

 

 

 

 

c. Afektif

 

 

 

2

Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)

 

 

 

VI.

Media

 

 

 

1

Media menunjang ketercapaian indikator

 

 

 

2

Media diskenariokan di RPP

 

 

 

3

Daftar Pustaka

 

 

 

Last modified: Wednesday, 16 March 2011, 05:19 AM
Skip Navigation

Navigation

Skip Section links