Sintaks atau fase Pembelajaran Kooperatif

Sintaks atau fase Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang memiliki ciri bahwa siswa belajar dalam kelompok secara kooperatif, kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki latar belakang heterogen, dan penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan. Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik, penerimaan terhadap berbagai macam perbedaan latar belakang, dan mengembangkan keterampilan sosial siswa, antara lain adalah: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, atau bekerja dalam kelompok.

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif adalah: (1). Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar. (2). Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan. (3). Guru mengorganisasikan kelompok dan menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien. (4). Membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas. (5). Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. (6). Guru mencari cara-cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar  individu maupun kelompok.

Pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe maupun pendekatan, seperti  dirangkum pada tabel berikut.

Perbandingan Empat Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif.

Pendekatan

Unsur

STAD

JIGSAW

Kelompok Penyelidikan

Pendekatan Struktur

Tujuan Kognitif

Informasi akademik sederhana

Informasi akademik sederhana

Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan inkuiri

Informasi akademik sederhana

Tujuan Sosial

Kerjasama dalam kelompok

Kerjasama dalam kelompok

Kerjasama dalam kelompok kompleks

Keterampilan kelompok dan social

Struktur Kelompok

Kelompok hetero-gen dengan 4-5 orang anggota

Kelompok hetero-gen dengan 5-6  anggota dan meng-gunakan kelompok asal dan ahli

Kelompok belajar homogen dengan   5-6 orang anggota

Bervariasi berdua, bertiga, kelompok dengan 4-6 orang anggota

Pemilihan Topik

Biasanya guru

Biasanya guru

Biasanya siswa

Biasanya guru

Tugas Utama

Siswa dapat menggunakan LKS dan saling membantu untuk menuntaskan materi belajarnya

Siswa mempelajari materi dalam ke-lompok ahli kemu-dian membantu anggota kelompok asal mempelajari materi itu

Siswa menyelesai-kan inkuiri komplek

Siswa mengerjakan tugas-tugas  yang diberikan baik sosial dan kognitif

Penilaian

Tes mingguan

Bervariasi, missal tes mingguan

Menyelesaikan proyek dan menulis laporan, dapat menggunakan tes essay.

Bervariasi

Pengakuan

Lembar pengakuan dan publikasi lain

Publikasi lain

Lembar pengakuan dan publikasi lain

Bervariasi

 

Dari unit 1 yang anda pelajari, pikirkan langkah-langkahuntuk tipe itu.
Selamat mencoba dan sukses selalu.

Last modified: Sunday, 1 May 2011, 10:25 PM
Skip Navigation

Navigation